Thursday, December 1, 2022

Amalan-Amalan pada Malam Jumat

Must Read

Amalan malam pada malam Jumat (Kamis malam) sangat banyak karena malam ini adalah malam yang istimewa, penuh keagungan, dan keutamaan melebihi hari-hari lainnya.

Islam.aksiografi.com – Malam Jumat adalah malam yang penuh berkah. Malam Jumat terhitung sejak matahari tenggelam pada hari Kamis memasuki malam Jumat hingga terbit matahari. Sepanjang malam hingga fajar berbagai amalan berfaedah bagi siapa saja yang melakukannya. Namun anjuran melaksanakan amalan-amalan dimulai sejak sore hari Kamis dalam mempersiapkan diri memasuki malam Jumat.

Salah satu keutamaan malam Jumat adalah malam pengampunan dosa, malam penetapan dan penentuan selama seminggu hingga Jumat berikutnya. Amalan-amalan ini adalah amalan yang juga berisi doa selain doa hari Jumat yang umum. Berikut amalan-amalan pada malam Jumat yang dapat kami sajikan:

Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir

Pada malam Jumat, kita dianjurkan memperbanyak membaca tasbih Subhânallâhi, bacaan tahmid Amdulillâhi, dan bacaan takbir Allâhu Akbar. Kita juga dapat menggabungkan menjadi satu dengan melengkapinya menjadi subhânallâhi wal hamdulillâhi wa lâ ilâha illâhu wallâhu akbar.

Dalam sebuah hadis disebutkan, “Malam Jumat berlimpah cahaya dan siang harinya terang-benderang (oleh cahaya spiritual). Perbanyaklah membaca subhânallâhi wal hamdulillâhi wa lâ ilâha illâhu wallâhu akbar dan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.”

Memperbanyak Shalawat

Dalam sebuah hadis, dijelaskan bahwa shalawat yang harus dibaca di malam ini minimal 100 kali. Jika lebih banyak dari itu, maka lebih baik.

Imam Ja’far  Shadiq as berkata, “Membaca shalawat untuk Muhammad dan keluarganya as pada malam Jumat sama dengan melakukan seribu kebajikan, menghapus seribu keburukan, dan kedudukannya diangkat seribu derajat.”

Disunnahkan mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad saw dan keluarganya setelah melaksanakan shalat Ashar pada hari Kamis hingga akhir hari Jumat.

Diriwayatkan dengan sanad yang sahih bahwa Imam Ja’far  Shadiq as berkata, “Ketika sore hari Kamis tiba, para malaikat turun dari langit dengan membawa pena-pena emas dan buku-buku yang terbuat dari perak. Mereka tidak akan menulis (dengan pena-pena itu) di sore hari Kamis, malam, dan siang hari Jumat kecuali shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.”

Membaca shalawat di atas 100 kali di Kamis sore hingga akhir hari Jumat memiliki keutamaan yang tak terhingga. Syekh Thusi ra berkata, “Pada hari Kamis, disunnahkan membaca shalawat kepada Muhammad saw 1000 kali.

Membaca Istighfar

Beliau juga berkata, “Di Kamis sore disunnahkan membaca istighfar berikut ini:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَ أَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ خَاضِعٍ مِسْكِيْنٍ مُسْتَكِيْنٍ لاَ يَسْتَطِيْعُ لِنَفْسِهِ صَرْفًا وَ لاَ عَدْلاً وَ لاَ نَفْعًا وَ لاَ ضَرًّا وَ لاَ حَيَاةً وَ لاَ مَوْتًا وَ لاَ نُشُوْرًا وَ صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عِتْرَتِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ الْأَخْيَارِ الْأَبْرَارِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا

Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Zat Yang Mahahidup dan Mahategar, dan aku bertaubat kepada-Nya, taubat seorang hamba yang hina, papa dan lemah, tidak mampu menepis (kejelekan) dari dirinya, berbuat adil (untuk dirinya), (mendatangkan) keuntungan dan bahaya, kehidupan dan kematian (bagi dirinya), serta (menyelamatkan dirinya) pada hari kebangkitan, semoga Allah senantiasa melimpahkan shalawat dan kesejahteraan atas Muhammad dan keluarganya yang suci.

Membaca Surah Khusus

Pada malam Jumat disunahkan membaca surah-surah al-Quran yakni: Bani Israil (al-Isrâ`), al-Kahfi, al-Qashah, an-Naml, asy-Syu’arâ`, Alif Lâm Mîm Sajdah, Yâsîn, Shâd, al-Ahqâf, al-Wâqi’ah, Hâ` Mîm Sajdah, ad-Dukhân, ath-Thûr, al-Qamar, dan al-Jumu’ah.

Membaca surah-surah di atas memiliki banyak faedah dan pahala yang tak terhingga. Namun jika waktu luang kurang maka dianjurkan membaca surah al-Wâqi’ah khususnya setelah melaksanakan shalat Isya.

Mengerjakan Shalat Sunah

Pada malam Jumat dianjurkan melaksanakan shalat sunah dua rakaat di setiap rakaatnya membaca surah al-Fâtihah dan surah az-Zilzâl 15 kali. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Sesiapa melaksanakan shalat tersebut, Allah akan menjaganya dari siksa kubur dan kedahsyatan hari kiamat.”

Memperbanyak Doa

Malam penuh keistimewaan dan keagungan, kita dianjurkan memperbanyak doa untuk seluruh mukminin seperti yang sering dilakukan putri Rasulullah, Sayidah Fathimah Zahra as. Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa sesiapa memintakan ampun untuk sepuluh orang saudara seimannya, ia pasti mendapatkan surga.

Kita juga dianjurkan membaca doa beriku sebagaimana telah diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Sesiapa membaca doa berikut ini di malam atau siang hari Jumat 7 kali, jika ia meninggal dunia pada malam atau siang hari itu, niscaya akan masuk surga.” Doa itu adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَ أَنَا عَبْدُكَ وَ ابْنُ أَمَتِكَ وَ فِيْ قَبْضَتِكَ وَ نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ،

Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, putra sahaya-Mu, berada di genggaman (kekuasaan)-Mu, dan ubun-ubunku berada pada genggaman tangan-Mu,

أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَ وَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ بِنِعْمَتِكَ (بِعَمَلِي) وَ أَبُوْءُ بِذَنْبِيْ (بِذُنُوْبِيْ) فَاغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Aku memasuki malam ini (dengan memegang teguh) janji-Mu semampuku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari keburukan (akibat) perilakuku, karunia-Mu selalu tercurahkan atas diriku, sedangkan aku senantiasa bergelimang lumpur dosa, maka ampunilah dosa-dosaku, karena tiada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.

Lalu membaca doa berikut ini 10 kali.

يَا دَائِمَ الْفَضْلِ عََلََى الْبَرِيَّةِ، يَا بَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ، يَا صَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِيَّةِ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ خَيْرِ الْوَرَى سَجِيَّةً، وَ اغْفِرْ لَنَا يَا ذَا الْعُلَى فِيْ هَذِهِ الْعَشِيَّةِ

Wahai Zat yang anugerah-Nya selalu tercurahkan atas makhluk(-Nya), wahai Zat yang tangan-Nya selalu terbentang dengan pemberian, wahai Zat pemilik anugerah yang agung. Limpahkanlah shalawat(-Mu) kepada Muhammad dan keluarganya, makhluk terbaik perangainya, dan ampunilah aku di malam ini, wahai Zat Yang Maha Tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Manfaat Kurma dalam Al-Quran dan Hadist

Manfaat kurma dalam al-Quran dan Hadist yaitu menjaga kesehatan, menghindarkan dari racun dan sihir, meningkatkan kecerdasan anak.

More Articles Like This