Friday, December 2, 2022

Amalan-amalan pada Waktu Sahar Bulan Ramadhan

Must Read

Amalan-amalan pada waktu Sahar Bulan Ramadhan sangat penting karena sepertiga malam adalah waktu yang sangat baik dalam Shalat sunah dan memanjatkan doa.

Islam.aksiografi.com – Istilah sahur berasal dari bahasa Arab yaitu sahar yang artinya akhir malam, atau waktu menjelang subuh. Sahar lawan kata ashil yang berarti akhir siang.

Amalan-amalan pada waktu sahar di bulan Ramadhan yaitu:

Berniat Puasa

Para ulama menganjurkan, jika kita berniat puasa setelah memakan sahur, hal itu adalah lebih baik. Akan tetapi, kita memiliki kesempatan untuk berniat puasa dari awal malam hingga akhir malam. Niat adalah kita mengetahui dan bermaksud untuk melakukan puasa esok hari dan meninggalkan segala yang dapat membatalkannya.

Shalat Tahajud

Waktu sahar adalah sepertiga malam sehingga waktu ini sangat baik melaksanakan Shalat Tahajud. Sebaiknya kita melakukan salat malam (tahajud) di waktu-waktu Sahar ini dan membaca tasbih setelah Shalat.

Membaca Tasbih

Salah satu amalan yang baik di waktu Sahar adalah bacaan tasbih. Bacaan tasbih yaitu Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah. Kita juga dapat membaca bacaan tasbih yang panjang selama bulan Suci Ramadhan.

Santap Sahur

Keutamaan waktu sahur di Bulan Ramadhan dalam melaksanakan ibadah puasa adalah menyantap atau makan minimal sebiji buah kurma atau seteguk air. Makanan sahur terbaik adalah sawîq (sejenis makanan yang terbuat dari tepung gandum) dan kurma.

Keutamaan menyantap sahur sebagaiamana disebutkan dalam sebuah hadis bahwa Allah dan para malaikat mengirimkan shalawat atas orang-orang yang beristigfar pada waktu sahar dan menyantap sahur. Jadi selama waktu sahar ini sebaiknya kita memperbanyak mengucapkan istigfar dan sebelum akhir waktu sahur kita makan minimal seadanya.

Membaca Surah al-Qadr

Membaca surah al-Qadr pada waktu sahur. Sesiapa membaca surah tersebut pada waktu berbuka puasa dan menyantap sahur, ia akan mendapatkan pahala orang yang berlumuran darah di jalan Allah.

Membaca Doa Baha

Membaca Doa Baha sebagaimana diriwayatkan bahwa Imam Ridha as berkata, “Ini adalah doa yang selalu dibaca oleh Imam Muhammad Baqir as pada waktu sahar bulan Ramadhan.”

membaca doa Baha di waktu sahur Ramadhan

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kekemilauan-Mu demi kekemilauan-Mu yang paling kemilau, sedangkan seluruh kekemilauan-Mu adalah kemilau.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kekemilauan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit)dari keindahan-Mu demi keindahan-Mu yang paling indah, sedangkan seluruh keindahan-Mu adalah indah.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh keindahan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kebesaran-Mu demi kebesaran-Mu yang paling besar, sedangkan seluruh kebesaran-Mu adalah besar.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kebesaran-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari keagungan-Mu demi keagungan-Mu yang paling agung, sedangkan seluruh keagungan-Mu adalah agung.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh keagungan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari cahaya-Mu demi cahaya-Mu yang paling benderang, sedangkan seluruh cahaya-Mu adalah benderang.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh cahaya-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari rahmat-Mu demi rahmat-Mu yang terluas, sedangkan seluruh rahmat-Mu adalah luas.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh rahmat-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kalimat-Mu demi kalimat-Mu yang paling sempurna, sedangkan seluruh kalimat-Mu adalah sempurna.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kalimat-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kesempurnaan-Mu demi kesempurnaan-Mu yang paling sempurna, sedangkan seluruh kesempurnaan-Mu adalah sempurna.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kesempurnaan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari asma-Mu demi asma-Mu yang paling besar, sedangkan seluruh asma-Mu adalah besar.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh asma-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kemuliaan-Mu demi kemuliaan-Mu yang paling mulia, sedangkan seluruh kemuliaan-Mu adalah mulia.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kemuliaan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kehendak-Mu demi kehendak-Mu yang paling terlaksana, sedangkan seluruh kehendak-Mu pasti terlaksana.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kehendak-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kekuatan-Mu. Demi kekuatan yang dengannya Engkau menguasai segala sesuatu, sedangkan seluruh kekuatan-Mu menguasai.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kekuatan-Mu. Ya Allah aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari ilmu-Mu demi ilmu-Mu yang paling berpengaruh, sedangkan seluruh ilmu adalah berpengaruh. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh ilmu-Mu.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari firman-Mu demi firman-Mu yang paling diridhai, sedangkan seluruh firman-mu adalah diridhai. Ya Allah, aku memohon kepada demi seluruh firman-Mu.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari permohonan-Mu (yang Kauanugerahkan kepada hamba-Mu) demi permohonan-Mu yang paling Kaucintai.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari permohonan-Mu (yang Kauanugerahkan kepada hamba-Mu) demi permohonan-Mu yang paling Kaucintai, sedangkan seluruh permohonan-Mu Kaucintai.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh permohonan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kemuliaan-Mu demi kemuliaan-Mu yang paling mulia, sedangkan seluruh kemuliaan-Mu adalah mulia.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kemuliaan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kekuasaan-Mu demi kekuasaan-Mu yang paling kekal, sedangkan seluruh kekuasaan-Mu adalah kekal.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kekuasaan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari kerajaan-Mu demi kerajaan-Mu yang paling megah, sedangkan seluruh kerajaan-Mu adalah megah.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh kerajaan-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari ketinggian (derajat)-Mu demi ketinggian (derajat)-Mu yang paling tinggi, sedangkan seluruh ketinggian (derajat)-Mu adalah tinggi.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh ketinggian (derajat)-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari karunia-Mu demi karunia-Mu yang paling qadim, sedangkan seluruh karunia-Mu adalah qadim.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh karunia-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu (sedikit) dari ayat-ayat-Mu demi ayat-ayat-Mu yang paling mulia, sedangkan seluruh ayat-Mu adalah mulia.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi seluruh ayat-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi kedudukan dan kekuasaan yang Kaumiliki dan aku memohon kepada-Mu demi setiap kedudukan tunggal dan demi setiap kekuasaan tunggal.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu demi apa yang Engkau menjawabku ketika aku memohon kepada-Mu. Maka, jawablah aku, ya Allah.

Setelah itu, mintalah setiap keperluan yang Anda miliki, dan keperluan itu akan dikabulkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Manfaat Kurma dalam Al-Quran dan Hadist

Manfaat kurma dalam al-Quran dan Hadist yaitu menjaga kesehatan, menghindarkan dari racun dan sihir, meningkatkan kecerdasan anak.

More Articles Like This