Friday, December 2, 2022

Amalan Hari Pertama Ramadhan

Must Read

Amalan hari pertama Ramadhan sebagai bentuk kesiapan menjalankan ibadah penuh selama satu bulan.

Islam.aksiografi.com – Ramadhan merupakan nama bulan kesembilan dalam kalender hijriah berdasarkan perhitungan bulan. Ramadhan berasal dari akar kata ramida atau ar-ramad yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan.

Makna ini dapat merujuk pada suasana perasaan orang-orang yang berpuasa di mana tenggorokan terasa kering dan kehausan. Selain itu, makna ini juga dapat merujuk bahwa ibadah bagi orang-orang berpuasa pada bulan Ramadhan dapat membakar hangus dosa-dosanya terdahulu.

Bagi Umat Islam, berpuasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan sebagaimana dalam kita suci Al-Quran pada surah Al-Baqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa.”

Sebagai kewajiban, orang yang beriman mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani dalam menjalankan ibadah puasa karena itu berikut tulisan yang membahas amalan para hari pertama Ramadhan.

Hari pertama Ramadhan dianjurkan melaksanakan beberapa amalan. Amalan hari pertama ini sangat penting sebagai bentuk kesiapan diri dalam menjalankan ibadah penuh selama satu bulan.

Berikut beberapa amalan yang dianjurkan dilaksanakan dalam menjalankan ibadah puasa untuk mendapatkan keberkahan, yaitu:

Mandi di Air yang Mengalir

Pada hari pertama Ramadhan kita dianjurkan melakukan mandi di air yang mengalir dan menuangkan air di atas kepala sebanyak tiga puluh kali dengan menggunakan telapak tangan. Hal ini dapat memberikan perlindungan terhadap seluruh penyakit sepanjang tahun.

Shalat Sunah Dua Rakaat

Melaksanakan salat sebanyak dua rakaat. Pada rakaat pertama, kita membaca surah al-Fâtihah dan al-Fath, dan pada rakaat kedua, surah al-Fâtihah dan surah bebas. Dengan ini, Allah akan menjauhkan semua keburukan dari kita pada tahun itu dan kita akan berada dalam penjagaan-Nya hingga tahun mendatang.

Bersedekah

Selama bulan Ramadhan, kita dianjurkan melakukan sedekah dengan ikhlas setiap hari. Bersedekah di bulan Ramadhan maka dosa-dosa akan terhapus.”Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Membaca Doa Fajar

Pada saat fajar terbit di hari pertama Ramadhan, kita membaca doa berikut:

doa fajar hari pertama Ramadhan

Ya Allah, telah tiba bulan Ramadhan dan Engkau telah mewajibkan atas kami berpuasa, serta Engkau telah menurunkan al-Quran di dalamnya sebagai petunjuk dan penjelas bagi (jalan) petunjuk dan pembeda (antara hak dan batil). Ya Allah, tolonglah kami untuk melaksanakan puasa, kabulkanlah ia dari kami, terimalah ia dari kami, dan serahkanlah ia kepada kami dalam kemudahan dari-Mu dan afiat. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Doa Ramadhan Hari Pertama ketika Fajar terbit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Manfaat Kurma dalam Al-Quran dan Hadist

Manfaat kurma dalam al-Quran dan Hadist yaitu menjaga kesehatan, menghindarkan dari racun dan sihir, meningkatkan kecerdasan anak.

More Articles Like This