Monday, September 19, 2022

Doa Ketika Melihat Hilal Ramadhan

Must Read

Doa ketika melihat hilal Ramadhan adalah doa perlindungan dan pertolongan selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Islam.aksiografi.com – Bulan suci Ramadhan ditandai dengan munculnya hilal bulan Ramadhan. Sebagian ulama mewajibkan memperhatikan munculnya hilal. Saat melihat hilal, hendaknya kita menghadap ke arah kiblat, bukan ke arah hilal itu, mengangkat kedua tangan ke arah langit, dan mengucapkan doa sebagai berikut:

1 membaca doa ketika melihat hilal Ramadhan

Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, munculkanlah ia atas kami dengan (membawa) keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, dan bergegas menuju kepada yang apa Kaucintai dan ridhai. Ya Allah, berkahilah kami di bulan kami ini, anugerahkan kepada kami kebaikan dan pertolongannya, dan singkirkan dari kami bahaya, kejahatan, malapetaka, dan fitnahnya.

Diriwayatkan bahwa ketika Rasulullah saw melihat hilal bulan Ramadhan, beliau menghadap ke arah kiblat dan membaca:

2 membaca doa ketika melihat hilal Ramadhan

Ya Allah, munculkanlah ia (hilal itu) atas kami dengan (membawa) keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kesehatan yang meliputi (semua orang), penolakan atas seluruh jenis penyakit, (rezeki yang lapang), dan batuan demi melaksanakan salat, puasa, beribadah, dan membaca al-Quran. Ya Allah, serahkanlah diri kami kepada bulan Ramadhan, terimalah ia dari kami, dan sehatkanlah kami di dalamnya sehingga bulan Ramadhan ini berlalu dan Engkau telah memaafkan kami, mengampuni kami, dan merahmati kami.

Diriwayatkan bahwa Imam Ja‘far Shadiq as berkata, “Ketika Engkau melihat hilal bulan Ramadhan, maka bacalah:

3 membaca doa ketika melihat hilal Ramadhan

Ya Allah, telah tiba bulan Ramadhan dan di dalamnya Engkau telah mewajibkan puasa atas kami, serta menurunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelas bagi petunjuk dan (jalan) pembeda (antara kebatilan dan kebenaran). Ya Allah, bantulah kami untuk melaksanakan puasanya, terimalah ia dari kami, sehatkanlah kami di dalamnya, terimalah kami darinya, dan serahkanlah ia kepada kami dengan kemudahan dan afiat dari-Mu. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, wahai yang Maha Pengasih, wahai yang Maha Penyayang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Manfaat Kurma dalam Al-Quran dan Hadist

Manfaat kurma dalam al-Quran dan Hadist yaitu menjaga kesehatan, menghindarkan dari racun dan sihir, meningkatkan kecerdasan anak.

More Articles Like This