Home Kesehatan Amalan dan Makanan Ibu Hamil Bulan Pertama

Amalan dan Makanan Ibu Hamil Bulan Pertama

0
79
amalan dan makanan ibu hamil bulan pertama
Gambar oleh Clive Einstein dari Pixabay

Amalan dan makanan ibu hamil pada bulan pertama sangat baik bagi kesehatan ibu dan cabang bayi dalam perut. Manfaatnya untuk pertumbuhan fisik dan spiritual bagi ibu dan anak.

Islam.aksiografi.com – Kesehatan ibu hamil sangat penting baginya dan cabang bayi. Bayi yang dalam rahim ibunya dalam masa-masa pertumbuhan fisik. Dalam dunia Islam, pertumbuhan bayi tidak hanya fisik tapi juga membutuhkan pertumbuhan spiritual sehingga Islam mengajarkan amalan-amalan yang dilakukan seorang ibu ketika mengandung anaknya sejak bulan pertama hingga melahirkan.

Beriku amalan-amalan yang dilakukan orang tuanya, baik ayah maupun ibu yang sedang mengandung, yaitu:

Membaca surah Yasin dan As-Shoffat

Surah Yâsîn memiliki banyak keutamaan sehingga surah ini dinamakan dengan huruf muqattha’ah Ya Sin. Selain nama Yasin, surah ini juga dinamai sebagai surah Habib Najjar.

Nama lain surah Yâsîn adalah Dāfi’ah dan Mu’ammimah karena surah ini dapat menolak berbagai keburukan dan kejelekan dan menghendaki kebaikan dunia-akhirat untuk mayoritas masyarakat.

membaca al Quran
Islamic photo created by freepik – www.freepik.com

Surah Yâsîn juga mendapat julukan sebagai jantung Al-Quran (Qalbu AL-Quran) karena kandungan makna yang terkandung di dalamnya sangat dalam. Isinya bercerita tauhid, nubuwah, ma’ad dan tentang dihidupkannya kembali makhluk ciptaan Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, serta bagaimana anggota tubuh berbicara sebagai saksi di hari akhirat.

Bacalah kedua surah ini pada hari Kamis dan Jumat selama bulan pertama kehamilan dan tiupkan pada perut.

Makan Buah Apel

Ibu hamil pada bulan pertama sangat baik memakan sedikit buah apel manis setiap pagi.

Makan Buah Delima

Pada setiap hari Jumat, sebelum sarapan makanlah buah delima.

Azan dan Iqomat

Bagi ibu hamil di bulan pertama dianjurkan membaca azan dan iqomat sebelum shalat lalu sambil memegang perut.

Makan Buah Kurma

Membca surah al-Qadar memiliki keutamaan. Diriwayatkan bahwa Imam Ja’far Shadiq as berkata, “Sesiapa membaca surah al-Qadr dalam shalat wajib, atas perintah Allah akan berkumandang sebuah suara dosa-dosamu yang lalu telah diampuni. Oleh karena itu, mulailah dari langkah pertama.”

Bagi ibu hamil pada bulan pertama sangat dianjurkan makan dua buah kurma setiap dan bacakan surah Al-Qadar terlebuh dahulu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here