Home Kesehatan Keistimewaan Buah Tin dalam Al-Quran

Keistimewaan Buah Tin dalam Al-Quran

0
91
keistimewaan buah tin dalam al Quran
Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Keistimewaan buah tin dalam Al-Quran dijadikan sebagai salah satu nama surah yaitu surah At-Tin. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan.

Islam.aksiografi.com – Dalam AL-Quran menyebutkan beberapa nama buah, salah satu di antaranya adalah buah tin. Nama buah tin atau biasa juga disebut buah ara sama dengan nama pohonnya yaitu pohon tin.

Pohon tin merupakan pohon yang tertua dalam sepanjang sejarah kemanusian, dalam beberapa kitab sebelumnya juga menyebut nama pohon ini.

Di balik rasanya yang manis serta tampilan dan teksturnya yang unik, ada banyak manfaat buah tin yang bisa kita dapatkan. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya menjadikan buah tin sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah tin atau nama latinnya Ficus carica adalah buah yang cukup unik yang menyerupai tetesan air mata berwarna hijau atau ungu. Daging buah ini berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang membuatnya menjadi renyah.

buah tin memiliki ratusan biji
Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran, kitab suci Ummat Islam, adalah buah tin. Buah tin memiliki keistimewaan sehingga dalam surah itu At-Tin, Allah SWT bersumpah menggunakan nama buah itu pada ayat pertama:

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ ﴿١﴾

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.”

Allah menyebutkan nama buah ini untuk menjelaskan bahwa “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusida dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (Ayat 4: Surah At-Tin)

Penyebutan nama buah ini dalam surah tentu memiliki keistimewaan khusus. Salah satu keistimewaan buah ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Kita tidak perlu meragukannya lagi karena juga banyak hasil riset telah menyebutkannya. Kandungan nutrisinya yang melimpah dengan rasa manisnya sangat pantas dijadikan menu kesehatan Anda.

Kandungan kalorinya rendah, dalam satu buah tin segar (kira-kira 40 gram beratnya) mengandung kurang dari 50 kalori. Selain itu, buah ini mengandung serat, vitamin B6, tembaga, dan antioksidan.

bauh tin seberat 40 gram
Gambar oleh Emilian Robert Vicol dari Pixabay

Buah tin dapat dinikmati secara langsung saat memetiknya, atau dapat juga dengan mengeringkan terlebih dahulu, atau mengambil ekstraknya. Berikut manfaat buah tin dalam kesehatan yaitu menyehatkan sistem pencernaan, mengatasi Irritable bowel syndrome (IBS), mencegah penyakit kronis, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, menyehatkan kulit, meningkatkan mortalitas sperma pria dan stamina seks, memperkuat tulang, menyembuhkan anemia, menghindari insomnia, mencegah degenerasi makula, meningkatkan kesehatan hati, menjaga kesehatan rambut, mengatasi demam, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan mata.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here