Friday, December 2, 2022

Keutamaan Bulan Ramadhan Bagian 1

Must Read

Keutamaan Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia, bulan yang di dalamnya pintu-pintu langit, pintu-pintu surga, dan pintu-pintu rahmat dibuka, sementara pintu-pintu neraka ditutup.

Islam.aksiografi.com – Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah berdasarkan perhitungan bulan. Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan. Berikut keutamaan bulan Suci Ramadhan sebagaimana khotbah Rasulullah SAW yang diriwayatkan Syekh Shaduq ra melalui para Imam dengan sanad muktabar, dari Amirul Mukminin as bahwa Rasulullah SAW berkhotbah seperti berikut:

“Wahai manusia! Bulan Allah telah mendatangi kalian dengan membawa berkah, rahmat dan ampunan. Inilah sebaik-baik bulan di sisi Allah. Hari-hari di bulan ini adalah hari-hari yang paling utama! Malam-malam di bulan ini adalah malam-malam yang paling utama! Waktu-waktu di bulan ini adalah waktu-waktu yang paling utama. Kalian telah diundang untuk menghadiri jamuan Allah di bulan ini. Di bulan ini kalian dijadikan orang-orang yang berhak mendapatkan karunia Allah. Nafas-nafas kalian di bulan ini adalah tasbih, tidur kalian adalah ibadah, setiap amalan kalian diterima, dan doa kalian dikabulkan.

Maka, mohonlah kepada Allah, Tuhan kalian, dengan niat jujur dan kalbu bersih agar Ia memberikan taufik kepada kalian untuk menjalankan puasa dan membaca kitab-Nya. Orang yang celaka adalah orang yang terhalangi dari ampunan Allah pada bulan yang agung ini! Ingatlah rasa lapar dan dahaga kalian pada bulan ini agar tidak merasa lapar dan dahaga di hari Kiamat! Bersedekahlah kepada orang-orang fakir dan miskin! Hormatilah orang-orang yang lebih tua! Kasihanilah anak-anak kecil! Sambunglah silaturahmi kalian!

Jagalah lidah kalian! Jagalah mata kalian hingga tidak melihat apa pun yang dilarang! Jagalah telinga kalian hingga tidak mendengar apa pun yang tidak diperbolehkan! Berbelaskasihlah kepada anak-anak yatim agar Allah berbelas kasih kepada kalian!

Bertaubatlah kepada-Nya dari dosa-dosa kalian! Angkatlah tangan kalian untuk berdoa di waktu-waktu salat kalian, karena waktu-waktu itu adalah waktu yang paling utama! Allah akan menyaksikan hamba-hamba-Nya di waktu itu dengan rahmat, menjawab mereka jika bermunajat kepada-Nya, memenuhi (panggilan) mereka jika memanggil-Nya, dan mengabulkan doa mereka jika memohon kepada-Nya!

“Wahai manusia! Sesungguhnya diri kalian terikat oleh amal-amal kalian! Maka bebaskanlah diri kalian dengan istigfar! Pundak kalian yang dibebani oleh dosa-dosa, ringankanlah dengan lamanya sujud. Ketahuilah bahwa Allah Swt telah bersumpah demi kemuliaan-Nya untuk tidak menyiksa orang-orang yang melakukan salat dan bersujud, dan tidak mengancam mereka dengan api neraka ketika semua manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam.

“Wahai manusia! Sesiapa memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada seorang Mukmin yang sedang berpuasa pada bulan ini, pahala baginya adalah (setara dengan) membebaskan budak dan mendapat ampunan dosa-dosanya yang telah lalu.”

Salah seorang sahabat menyahut, “Ya Rasulullah, tidak semua dari kami yang mampu untuk melakukan hal itu!”

Beliau bersabda, “Cegahlah api neraka agar tidak menjilat diri kalian meski dengan sebutir kurma dan dengan seteguk air! Karena Allah Swt akan menganugerahkan pahala tersebut kepada orang yang beramal remeh jika tidak mampu berbuat lebih dari itu.”

“Wahai manusia! Sesiapa memperbaiki akhlaknya pada bulan ini, kelak ia akan melintasi shirath (dengan mudah), ketika semua kaki tergelincir pada waktu itu! Sesiapa meringankan beban hamba sahayanya pada bulan ini, maka Allah akan memperingan hisab baginya. Sesiapa mencegah perbuatan buruk, Allah akan mencegah murka darinya saat petemuan dengan-Nya. Sesiapa menghormati seorang anak yatim, maka Allah akan menghormatinya ketika ia berjumpa dengan-Nya. Sesiapa menyambung tali silaturahmi pada bulan ini, maka Allah akan mengucurkan rahmat kepadanya ketika ia berjumpa dengan-Nya. Sesiapa memutuskan tali silaturahmi pada bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya ketika ia bertemu dengan-Nya. Sesiapa malakukan salat sunah pada bulan ini, maka Allah akan menetapkannya sebagai insan yang bebas dari api neraka. Sesiapa menjalankan kewajiban pada bulan ini, niscaya ia akan mendapatkan pahala orang yang melaksanakan tujuh puluh kewajiban di bulan lain. Sesiapa memperbanyak shalawat kepadaku pada bulan ini, maka Allah akan memperberat timbangannya (baiknya) ketika semua timbangan menjadi ringan. Sesiapa membaca satu ayat al-Quran pada bulan ini, ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengkhatamkan al-Quran di bulan selainnya!

“Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga terbuka pada bulan ini, maka memohonlah kepada Allah, Tuhan kalian agar tidak menutupnya, dan pintu-pintu neraka tertutup, maka memintalah kepada Tuhan kalian agar tidak membukanya, dan tangan-tangan setan terbelenggu, maka memohonlah kepada Tuhan kalian agar ia tidak menguasai kalian!”

Syekh Shaduq meriwayatkan bahwa ketika bulan Ramadhan tiba, Rasulullah SAW membebaskan setiap tawanan dan mengabulkan permintaan setiap peminta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Manfaat Kurma dalam Al-Quran dan Hadist

Manfaat kurma dalam al-Quran dan Hadist yaitu menjaga kesehatan, menghindarkan dari racun dan sihir, meningkatkan kecerdasan anak.

More Articles Like This