Tuesday, September 20, 2022

Doa Sebelum dan Setelah Membaca Al-Quran

Must Read

Doa sebelum dan setelah membaca Al-Quran bertujuan agar kita mendapatkan petunjuk dan rahmat dari Allah SWT.

Islam.aksiografi.com – Membaca al-Quran selama bulan Ramadhan adalah merupakan ibadah atau amalan yang sangat dianjurkan. Hendaknya kita memperbanyak membaca al-Quran. Sebelum membaca al-Quran, kita senantiasa membaca doa sebagaimana diriwayatkan Imam Ja’far Shadiq as bahwa sebelum membaca selalu al-Quran sebaiknya membaca doa berikut ini:

doa sebelum membaca al Quran

Ya Allah, aku bersaksi bahwa ini adalah kitab-Mu yang telah diturunkan dari sisi-Mu kepada Rasul-Mu, Muhammad bin Abdillah saw dan kalam-Mu yang berbiacara melalui lisan Nabi-Mu. Engkau telah menjadikannya sebagai pemberi petunjuk bagi makhluk-Mu dan tali yang menyambungkan antara diri-Mu dan para hamba-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku telah membuka janji dan kitab-Mu ini. Ya Allah, jadikanlah pandanganku kepadanya sebagai ibadah, bacaanku sebagai perenungan dan perenunganku sebagai langkah untuk mengambil pelajaran, jadikanlah aku di antara orang-orang yang dapat mengambil nasihat dari nasihat-nasihat-Mu dan menjauhi maksiat-Mu, jangan Kaututup pendengaranku ketika aku sedang membacanya, jangan Kauhamparkan penutup di atas penglihatanku, jangan Kaujadikan bacaanku sebagai bacaan yang tidak disertai oleh perenungan tetapi jadikan aku merenungi ayat-ayat dan seluruh hukumnya dan mengambil syariat agama-Mu, jangan Kaujadikan pandanganku kepadanya sebagai kelalaian dan bacaanku igauan belaka. Sesungguhnya Engkau Maha Belaskasih nan Penyayang.

Setelah membaca al-Quran, beliau selalu membaca doa berikut:

doa setelah membaca al Quran

Ya Allah, aku telah membaca apa yang telah Kautentukan dari kitab-Mu yang telah Kauturunkan kepada Nabi-Mu yang jujur saw. Maka, bagi-Mu segala puji wahai Tuhan kami. Ya Allah, jadikanlah kami di antara orang-orang yang menghalalkan halalnya, mengharamkan haramnya, dan beriman kepada ayat-ayat muhkam dan mutasyabihnya. Jadikanlah ia sebagai ketenteramanku di dalam kuburku, ketenteramanku di hari Mahsyarku, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang Kaunaikkan (kedudukan) mereka untuk setiap ayat yang mereka baca satu derajat di surga ‘Illiyyin tertinggi. Amin! Rabbal-‘âlamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Manfaat Kurma dalam Al-Quran dan Hadist

Manfaat kurma dalam al-Quran dan Hadist yaitu menjaga kesehatan, menghindarkan dari racun dan sihir, meningkatkan kecerdasan anak.

More Articles Like This